Articles

Rekayasa Perangkat Lunak

 

      1003109 518280388221958 2002095379 n1017360 518280684888595 1594942742 n

 

Tahukah Anda Bidang Keakhlian Rekayasa Perangkat Lunak ? 

Tips Memilih Jurusan !

Sebelum memilih dan menentukan  bidang keakhlian/jurusan yang akan anda pelajari sebaiknya pahami terlebih dahulu program studi  dan peluang karir dari bidang keakhlian tersebut.Sehingga  anda dapat merencanakan masa depan dengan lebih mantap setelah lulus nanti, memperdalam ilmu yang akan anda pelajari diSMK saat ini untuk diteruskan ketingkat perguruan tinggi atau untuk mendapatkan peluang karir sesuai dengan yang anda inginkan. 

Asal memilih jurusan dapat membuat anda terjebak dalam pembelajaran yang membosankan dan tidak sesuai dengan bakat dan minat anda yang sebenarnya.

Program Penjurusan di SMK IB

DI SMK IB TIDAK ADA ISTILAH SALAH MEMILIH JURUSAN !

Pemilihan Program bidang keahlian/jurusan telah dipersiapkan dengan matang, di semester awal kelas X selama 6 bulan,siswa diberi kesempatan untuk mempelajari materi dasar ilmu komputer dari masing-masing bidang keahlian yang berkaitan dengan RPL maupun TKJ, baik secara teori maupun praktek. Pada akhir semester 1 baru siswa boleh menentukan bidang keakhlian yang diinginkan dan menjalani  Ujian Penjurusan Bidang Keahlian (UPBK) diakhir semester 1 untuk lebih memastikan kemampuan,minat dan bakat siswa.Sedangkan untuk materi  bidang studi Multimedia maupun ANIMASI diberikan sebagai materi pembelajaran tambahan baik di jurusan RPL maupun TKJ dari sejak kelas X sampai kelas XII.   

______________________________________________________________________________________

Tujuan  Pendidikan:

Menghasilkan lulusan yang menguasai Teknik Informatika khususnya dalam bidang Rekayasa perangkat Lunak,sehingga mampu melakukan rancang bangun perangkat lunak basis data dan sistem informasi.

______________________________________________________________________________________

 

Pada jurusan RPL siswa dibekali dengan kemampuan:

  • Menerapkan Algoritma Pemrograman
  • Membuat dan menerapkan Aplikasi Basis Data 
  • Memahami Pemrograman Visual berbasis Desktop
  • Membuat paket Aplikasi Software Berbasis Desktop
  • Mengoprasikan sistem oprasi jaringan
  • Merancang dan membuat web statis
  • Merancang dan membuat web dinamis
  • Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
  • Merancang bahasa pemrograman berorientasi objek
  • Merancang aplikasi Web berbasis objek
  • Membuat aplikasi Web berbasis data SQL
  • Mengintegrasi basis data dengan Web
  • Membuat aplikasi Web berbasis JSP

______________________________________________________________________________________

 

Program  Materi  Pelajaran Tambahan (MULOG)

Merupakan materi pembelajaran tambahan yang diberikan kepada siswa untuk menguatkan atau mempeluas kompetensi siswa dibidang Teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan selanjutnya di Perguruan Tinggi atau berguna bagi lulusan untuk memenangkan persaingan dalam dunia industri. Materi yang di berikan yaitu :   

  • Aplikasi Office
  • Mutimedia
  • Jaringan
  • Utility
  • Basis Data
  • Vedeo Editing
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Struktur  Data
  • Animasi
  • Proyek Sistem Informasi
  • Kemampuan mengetik 10 jari

______________________________________________________________________________________

Keunggulan dalam proses pembelajaran :

Program Presentasi Bidang Keahlian RPL

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas, sikap percaya diri, keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat dan menerima kritik atau saran dari orang lain dari hasil pembuatan Program yang telah dibuat dan dipresentasikanya.  

Setiap siswa pada akhir semester 2 dan 4 akan dibimbing selama 3 bulan oleh masing-masing guru program keahlian secara individual, untuk belajar membuat pengajuan proposal, menyusun penulisan laporan dan berlatih mempresentasikan hasil program yang dibuatnya guna mengikuti kegiatan uji presentasi sebagai syarat mutlak kenaikan kelas dan kelulusan.  

______________________________________________________________________________________ 

RPL        RPL2  RPL3

           RPL A               RPLBrpl