Kurikulum

 

Kurikulum yang diterapkan di SMK Informatika Bandung mengacu kepada kurikulum KTSP [ Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan], dan kurikulum 2013. pada pengembangannya merujuk kepada kebutuhan industri serta kurikulum diolah oleh SMK Informatika Bandung.

 

Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

 

Berdasarkan tujuan di atas, kurikulum SMK Informatika Bandung merumuskannya sebagai berikut :

  1. Intelektual Power [ kekuatan Ilmu ], mendidik siswa untuk memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal bagi kehidupannnya.
  2. Spiritual Power [ Kekuatan Rohani ], mendidik siswa untuk memiliki keimanan & Ketaqwaan.
  3. Emotional Power [ Kekuatan Emosi ], mendidik siswa untuk memiliki ketangguhan mental, terutama dalam mencapai cita-cita dengan penuh kesungguhan dan pantang menyerah.
  4. Physical Power [ Kekuatan Pisik ], mendidik siswa untuk memiliki fisik yang prima sehingga mampu beraktifitas dengan maksimal.
  5. Economical Power [ Kekuatan Ekonomi ], mendidik siswa untuk mampu mandiri dan berwirausaha dengan melihat peluang dan tantangan.

 


 

 

Kegiatan yang menjadi unggulan di SMK Informatika Bandung adalah :

  1. Melaksanakan Uji Presentasi untuk siswa setiap menjelang kegiatan UAS, sehingga kompetensi siswa terasah dan mampu tampil memberikan presentasi di depan umum sejak semester pertama kelas X [ sepuluh ].
  2. Memberikan keterampilan dasar komputer selama 2 semester.
  3. Pola pembelajaran yang mendalam pada setiap Materi Pelajaran terutama Mata Pelajaran Produktif dengan total pertemuan 50 jam perminggu.
  4. Guru yang handal dan berpengalaman di bidangnya  sehingga mampu memberikan pendidikan yang kompetetif.
  5. Fasilitas yang memadai untuk proses pembelajaran terutama praktek mata pelajaran produktif.
  6. Membentuk MGMP di lingkungan SMK Informatika Bandung.
  7. menerapkan pola hidup sehat baik fisik siswa maupun kerapihan pakaian serta lingkungan sekolah dalam mata pelajaran Penjaskes dan Pendidikan Lingkunagn Hidup.
  8. Melaksanakan proses belajar mengajar secara optimal, efektif terprogram.
  9. Meningkatkan prestasi akademik siswa melalui pelatihan dan ajang perlombaan .dan Membekali siswa untuk memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya, terutama dalam kemampuan IT baik dalam mata pelajaran kewirausahaan maupun kegiatan Unit produksi.
  10. Meningkatkan prestasi non akademik dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
  11. Meningkatkan bimbingan budi pekerti kepada siswa melalui kegiatan pembiasaan
  12. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan keagamaan (pengajian, membaca Qur’an, solat berjamaah, jumatan, mujahadah dll)
  13. Menyelenggarakan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada Guru dan Karyawan 

 

KALENDER AKADEMIK